Jamur terbesar didunia

Jamur ini adalah jamur terbesar dan juga makhluk terbesar didunia.

Adalah Armillaria ostoyae atau lebih dikenal sebagai jamur madu dimulai hanya dari satu spora yang begitu kecil jika dilihat tanpa mikroskop. Namun jamur ini telah berkembang di hutan yang diperkirakan berusia 2400 tahun dan kemudian membunuh pepohonan. Jamur itu telah menyelimuti 880 hektar Malheur National Forest di timur Oregon.

Jamur raksasa ini digambarkan sepanjang 5,6 kilometer dan telah menyebar menjadi tiga kali lipat ke dalam tanah. Jamur ini menyelimuti wilayah yang sama besarnya dengan 1665 kali lapangan sepak bola.

Jamur madu raksasa yang tumbuh di Oregon tersebut awalnya disangka tumbuh dalam kelompok terpisah di sepanjang hutan itu, tetapi kini para peneliti telah menegaskan bahwa jamur tersebut adalah organisme tunggal terbesar di dunia, yang saling terhubung di bawah tanah.

Berawal dari pengamatan parks menggunakan foto udara, Parks melihat area yang dipenuhi dengan pepohonan yang hampir mati. Dia kemudian menemukan jamur lalu mengidentifikasi jenis jamur dalam tes DNA. Ia membandingkan unsur dari 12 jamur dan dia melihat bahwa 61 sampel berasal dari organisme yang sama.

Ini berarti telah ada satu jamur yang berkembang begitu besar dari apa yang pernah dibayangkan manusia. Satu-satunya bukti di permukaan dari jamur ini adalah munculnya bulatan berwarna keemasan saat musim gugur yang disertai hujan.

Ukurannya yang sangat besar kemungkinan besar dikarenakan iklim kering yang sering melanda wilayah Oregon. Selain itu, karena tidak adanya persaingan spesimen lain disekitarnya, maka jamur besar ini dapat tumbuh secara tidak terkendali.

0 komentar:

Posting Komentar