5 Danau paling berbahaya didunia



Keindahan alam sebuah danau memang tidak bisa dipungkiri, ini yang membuat alasan kita untuk pergi berkunjung kesana.
Tapi mungkin anda harus berfikir kembali jika ingin mengunjungi ke 5 danau dibawah ini.
Inilah 5 Danau paling berbahaya di sunia :

1. Danau Nyos, Kamerun.

lake nyos
Jangan pernah tertipu dengan keindahan sebuah danau karena ternyata ada beberapa danau yang dikategorikan sebagai danau paling mematikan. Salah satunya adalah danau Nyos, sebuah danau kawah api di kawasan Kamerun, Afrika Barat. Danau yang memiliki kedalaman 157 meter dengan bagian terdalamnya mencapai 208 meter ini adalah salah satu dari tiga danau di bumi yang memiliki kadar CO2 yang sangat tinggi yang mengubah air danau menjadi asam karbonat dengan unsur kimia yang mematikan.

Karena itulah pada tahun 1986 lalu, sekitar 1700 warga yang tinggal di wilayah tersebut meninggal secara mendadak dan bersamaan. Kabarnya pada malam sebelum kejadian, udara di sekitar danau terasa hangat dan tercium bau telur busuk. Tetapi tiba-tiba pada keesokan harinya, banyak sekali mayat bergelimpangan. Anehnya mereka semua meninggal dengan posisi sedang melakukan aktifitas sehari-hari.

2. Danau Karachay, Rusia.

karachay lake
Danau paling berbahaya berikutnya adalah danau yang paling tercemar di dunia, Danau Karachay. Danau kecil ini terletak di pegunungan Ural Selatan, Rusia Barat. Sekilas, keindahan yang menakjubkan dari pemandangan yang bisa dilihat di area danau ini sangat memukau. Namun siapa sangka bilaternyata danau ini adalah salah satu tempat yang paling tercemar di bumi. Sejak tahun 1951, pemerintah Uni Soviet membuang limbah radio aktif ke danau ini.

Tak heran jika danau ini memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi yang dapat membunuh manusia dalam hitungan beberapa jam saja. Bahkan di musim kering, seperti pada tahun 1958 lalu, debu dari danau dan pantai di sekitarnya telah meradiasi hampir setengah juta orang. Dan sebanyak 7000 warga yang tinggal di daerah tersebut harus direlokasi.

3. Lake Kivu, Rwanda.


lake kivu
Danau Kivu adalah danau yang dapat meledakseperti Danau Nyos, dimana danau Kivu memliki luas 2000 kilometer persegi lebih besar dari Nyos dan sangat dekat dengan gunung api aktif.Gas kimia di sini adalah campuran metana dankarbon dioksida. Menurut Wikimedia,Ilmuwan berhipotesis bahwa apabila vulkanik interaksi dengan air di dasar danau yang memiliki konsentrasi gas yang tinggi, maka akan memanaskan air.

Gas metana keluar dari air, percikan ledakan metan, yang mana jika terjadi maka semua isi dari danau akan terbang keluar akibat ledakan besar yang terjadi ini.

4. Lake Mono, California, USA.

lake mono
Danau Mono adalah sebuah danau yang menakjubkan, sebuah danau yang sehat hingga tahun 1940-an di Los Angeles karena perubahan sistem pengairan maka kondisi danau berubah.Menurut PBS, “salah satu danau tertua di Amerika Utara itu, dalam waktu yang sangat singkat, menjadi sebuah danau alkali beracun yang mengandung klorida, karbonat dan sulfat.”

Yang mana untuk kurun waktu 20 tahun, danau tersebut tidak dapat untuk digunakan karena dalam tahap netraliasasi.

5. . Boiling Lake, Dominicia.

boiling lake
Boiling Lake (Danau Mendidih) di Dominica sebenarnya adalah fumarole (retakan yang mengeluarkan gas dari lava cair dalam tanah) yang diatasnya ditutupi oleh air dengan suhu yang sangat panas. Dengan air danau bersuhu 82 hingga 91,5 derajat Celcius, seseorang bisa terbunuh bila masuk ke dalam air tersebut.

Danau ini merupakan kolam penampng air hujan yang telah berlangsung dari sejak jaman dahulu, sehingga tekumpul menjdi sebuah danau yang sangat panas.

0 komentar:

Posting Komentar