5 Planet yang bisa dihuni manusia

Beberapa hari lalu, NASA mengungkapkan bahwa mereka berhasil temukan satu planet di luar angkasa yang memiliki karakteristik mirip bumi dan kemungkinan suatu hari dapat dijadikan tempat tinggal manusia.
Berikut adalah planet pengganti bumi.

1. Gliese 581 d


Planet yang dinamakan Gliese 581 d ini pada tahun 2011 lalu diklaim mempunyai kandungan air di permukaannya oleh beberapa pakar dari Prancis. Tidak hanya air, terdapat juga hujan yang hangat juga awan yang menyelimutinya. Namun, menurut perkiraan Gliese 581 d memilikigrafitasi 2 kali lebih besar dari bumi.

2. HD 40307 g


HD 40307 g juga menurut para pakar yang berhasil menemukannya adalah planet yang layak huni. Di sana, diklaim terdapat kandungan air juga mempunyai sistem edar seperti di bumi yaitu terdapatnya siang dan malam.

Walaupun pendapat bahwa HD 40307 g merupakan planet mirip bumi yang layak huni, namun tidak sedikit yang memperdebatkannya. Salah satunya adalah seorang astronom bernama R Barnes.Barnes berpendapat bahwa HD 40307 g hanyalah sebuah planet kecil yang diselimuti gasyang tidak cocok bagi manusia.

3. Mars 


Walaupun menurut pantauan dari robot Curiosity yang berada di sana, permukaan di planet Mars hanyalah seperti ladang tandus nan berdebu, namun para pakar memasukkan planetMerah ini dalam kategori ESI atau Earth Similarity Index.

Ada berbagai macam klaim, dugaan, perkiraan sampai teori yang menjelaskan bahwa memang benar Mars adalah salah satu planet di tata surya ini yang layak huni karena diperkirakan dulunya ada kandungan air di dalamnya.Bahkan, beberapa tahun lagi, akan ada beberapa orang yang siap diluncurkan dan menetap di Mars.

4. Gliese 163 c 



Apabila Gliese 163 c benar-benar layak huni, maka dapat dikatakan bahwa planet ini merupakan bumi dalam ukuran super. Walaupun dikatakan layak huni, namun suhu di sana sedikit lebih panas dibandingkan di bumi.

5. Kepler-22b 


Kepler-22b juga dapat dikatakan sebagai 'saudara' bumi yang berada sekitar 600 tahun cahaya. Menurut perkiraan para ahli, Kepler-22b juga memiliki sistem rotasi seperti bumi dengan perhitungan satu tahun sebanyak 290 hari (bumidalam satu tahun adalah 365 hari).Diperkirakan juga bahwa atmosfer dan iklim permukaan di Kepler-22b mirip dengan bumi dan planet ini juga memiliki kandungan air di dalamnya.
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar