Pria ini tidak mandi selama 60 tahun


Seorang pria Iran bernama Amou Haji tidak pernah mandi selama 60 tahun terakhir. Pria 80 tahun ini memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh pria India 66 tahun bernama Kailash Singh yang tidak mandi selama 38 tahun.


Amou Haji tinggal di sebuah goa di desa Dejgah,di wilayah selatan Iran.
Bukan hanya tak pernah mandi, gaya hidup Amou sehari-hari juga bisa dikatakan aneh untuk kebanyakan orang. Dia suka memakan daging busuk atau bangkai khususnya landak.

Dia hidup dengan kesederhanaan bagaikan manusia prasejarah. Satu-satunya harta yang paling bernilai adalah pipa besi sepanjang 3 inci yang digunakannya untuk merekok. Tetapi bukan tembakau yang ia jadikan bahan untuk merokok menggunakan pipanya, melainkan feses atau kotoran hewan. Semua itu sangat disukai Haji.


Saat rambutnya memanjang, Haji tidak memotongnya menggunakan gunting, melainkan membakarnya langsung. Saat musim dingin, Haji hanya melindungi kepalanya dari hujan menggunakan topi tentara tempo dulu. Ia tak peduli tubuhnya kehujanan.Haji tak punya rumah. Bumi adalah lantai tempattinggalnya dan langit adalah atap rumahnya. Diakadang menetap di sebuah lubang mirip kuburan. Kadang juga ia tidur di gubuk terbuka di pinggir jalan. Warga sekitar membuatkannya gubuk karena iba melihat Haji.


Meski hidupnya kotor, Haji dikenal sebagai orang baik. Warga di sekitar memanggilnya dengan nama 'Amou Haji'. Amou adalah panggilan untuk seorang tua yang baik.
Dalam bahasa Parsi,"Amou" biasa digunakan anak-anak dan wanita untuk menunjukkan rasa sayang.

Tak tahu kenapa Haji memilih hidupnya seperti itu. Namun warga sekitar mengungkap, masa muda Haji sangat kelam yang membuat ia memilih jalan hidup yang ekstrem. Namun dengan pilihan hidupnya itu, Haji bisa hidup bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar