3 Hewan tercepat dibumi


1. Sailfish, hewan tercepat di air



Dengan badan yang kaku, lurus dan meruncing, serta sirip ekor yang menyerupai gunting, ikan sailfish memang diciptakan untuk bergerak cepat dalam air. Pergerakan cepatnya ini disesuaikan dengan kemampuan menggerakkan ekor yang sangat cepat. Ikan sailfish menggerakkan ekornya ke depan dan belakang hingga ratusan kali dengan memanfaatkan ototnya yang kuat.

Kecepatan ikan sailfish ini juga didukung oleh kemampuan menggerakkan siripnya dalam waktu yang cepat, terutama sirip punggungnya yang lebar. Sirip ini membantu mengurangi efek tarikan dan mengurangi resistansi terhadap pergerakannya. Selain itu, tulang punggungnya pun sangat fleksibel untuk menambah daya dorong tubuhnya saat berenang.
Lalu seberapa cepat ikan sailfish berenang? Ikan sailfish mampu berenang dalam waktu yang lama dengan kecepatan melebihi 40 mil per jam dan dengan kecepatan maksimum 70 mil per jam (atau setara dengan 113 kilometer per jam!).


Sailfish atau ikan Layar adalah dua jenis ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perariran hangat samudra-samudra dunia.Kebanyakan berwarna biru keabu- abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal.Ciri penting lainnya adalah moncong yang memanjang, menyerupai moncong ikan todak.

2.Cheetah, hewan tercepat di darat.



Cheetah atau citah adalah anggota keluarga kucing ( Felidae) yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endapatau bergerombol.Hewan ini adalah hewan yang tercepat di antara hewan darat dan dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dalam waktu singkat sampai 460 m,dengan akselerasi 0 - 100 km/ jam dalam waktu 3,5 detik,lebih cepat dari beberapa supercar.
Kecepatan yang luar biasa ini tetap bisa membuat cheetah seimbang, bahkan saat ia bermanuver di tikungan,” ujar John Wilson dari Departemen Biologi, Universitas North Carolina.

Konon, selama bertahun-tahun Cheetah hanya dikenal sebagai cerita hantu. Menurut cerita, binatang pemangsa besar dengan garis-garis mirip macan ditubuhnya ini sering membawa kabur orang-orang yang berada di perbatasan Mozambique. Penduduk sering memberi julukan "magwa".

3.Falcon, hewan tercepat di udara.



Falcon atau Alap-alap kawah (Falco peregrinus) atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap- alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm.Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek.
Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam.Burung betina serupa, tapi biasanya berukuran dan mempunyai paruh lebih besar dari burung jantan.
The Peregrine Falcon (Falco peregrinus) dengan kecepatan yang pernah tercatat adalah 390 km/jam (242.3 mph).
Bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar pada angka 370 km/jam (229mph)! Hewan yang memiliki populasi tersebar di seluruh benua kecuali Antartika ini mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat mereka tinggal oleh aktivitas manusia.

0 komentar:

Posting Komentar